Inspirational journeys

Follow the stories of academics and their research expeditions

100 UMKM Bukit Tunggal Kota Palangkaraya Terima Sertifikat Halal

Afifah Mardiyah

Sat, 18 May 2024

100 UMKM Bukit Tunggal Kota Palangkaraya Terima Sertifikat Halal

Palangkaraya, 28 Januari 2024 - Momentum bersejarah terjadi untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bukit Tunggal. Sebanyak 100 sertifikat halal resmi diserahkan kepada para pelaku UMKM tersebut oleh Tim Pendamping Halal Center Cendekia Muslim (HCCM) Kalimantan Tengah. Acara penyerahan sertifikat halal ini menjadi bukti nyata komitmen pendamping HCCM Kalimantan Tengah dalam mendukung dan meningkatkan kualitas produk UMKM yang halal dan berkualitas.

Tim pendamping HCCM Kalimantan Tengah hadir dalam acara penyerahan sertifikat sebagai wujud dari upaya pemberdayaan UMKM di daerah tersebut. Melalui pendampingan dan bimbingan, para pelaku UMKM Bukit Tunggal dapat memenuhi standar kehalalan yang diperlukan, sehingga produk-produk mereka menjadi lebih dapat diterima oleh konsumen yang menjunjung tinggi nilai-nilai halal.

Penyerahan 100 sertifikat halal ini tidak hanya sekadar sebuah acara formal, tetapi juga menandai keberhasilan para pelaku UMKM dalam mengajukan sertifikasi halal yang diterbitkan pada tahun 2023. Proses sertifikasi ini melibatkan berbagai tahapan, mulai dari pemeriksaan bahan baku, proses produksi, hingga penyimpanan produk, untuk memastikan keseluruhan rantai produksi sesuai dengan prinsip-prinsip halal yang berlaku.

Taman Larosa dipilih sebagai tempat pelaksanaan acara bukan hanya sebagai lokasi simbolis, tetapi juga sebagai sarana untuk merayakan prestasi dan kerjasama antara UMKM Bukit Tunggal, Tim Pendamping HCCM Kalimantan Tengah, dan pemerintah daerah. Dengan adanya sertifikat halal, diharapkan UMKM Bukit Tunggal dapat meraih pangsa pasar yang lebih luas, baik di tingkat lokal maupun nasional, karena semakin banyak konsumen yang mengutamakan produk halal.

Penyerahan sertifikat halal ini menciptakan dorongan positif bagi UMKM setempat untuk terus meningkatkan kualitas produk dan menjaga standar kehalalan. Selain itu, pemberian sertifikat ini juga menjadi langkah nyata dalam mendukung ekonomi lokal, karena UMKM yang memenuhi persyaratan halal dapat bersaing secara sehat di pasar yang semakin ketat. Dengan demikian, acara penyerahan 100 sertifikat halal di Taman Larosa bukan hanya sebuah seremoni formal, melainkan awal dari perjalanan panjang menuju penguatan ekonomi UMKM dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Bukit Tunggal.

0 Comments

Leave a comment